Juara Peduli Disabilitas

No Images Preview

𝐉𝐮𝐚𝐫𝐚 𝐏𝐞𝐝𝐮𝐥𝐢 𝐃𝐢𝐬𝐚𝐛𝐢𝐥𝐢𝐭𝐚𝐬 : "𝑨𝒌𝒖 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒌𝒆𝒃𝒊𝒉𝒂𝒏𝒌𝒖, 𝒌𝒂𝒎𝒖 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒍𝒆𝒃𝒊𝒉𝒂𝒏𝒎𝒖, 𝒌𝒊𝒕𝒂 𝒃𝒆𝒓𝒔𝒚𝒖𝒌𝒖𝒓 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒂𝒑𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒊𝒎𝒊𝒍𝒊𝒌𝒊"


Pelaksanaan Proyek pada Kurikulum Merdeka adalah sebuah keharusan. Siswa Kelas 7 SMP Juara Bandung pun melaksanakan proyek dengan suka cita. Setelah sebelumnya selesai dengan kegiatan Proyek Fun Cooking Traditional Food. Kali ini proyek kelas 7 adalah membuat sebuah kegiatan untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional.


Kegiatan ini bertujuan untuk membuat kampanye peduli disabilitas, meningkatkan motivasi belajar siswa, bersyukur dengan yang dimiliki, dan memaksimalkan potensi yang di miliki.


Para siswa pun mulai mempersiapkan sejak akhir bulan Oktober dan memilih untuk melaksanakan kegiatan tersebut di SLB Negeri Cileunyi. Persiapan yang dilakukan antara lain, mempelajari tentang disabilitas, menyiapkan 225 kado untuk dibagikan, latihan untuk menyiapkan penampilan, membuat poster dan video untuk melakukan kampanye peduli disabilitas.


Pada pembukaan  kegiatan yaitu ditanggal 2 Desember 2022, siswa berkumpul di aula SLB Negeri Cileunyi untuk mendapatkan pengantar mengenai Disabilitas dan yang dipelajari di SLB Negeri Cileunyi. Selanjutnya mereka menyebar ke 5 rombongan belajar, masing-masing rimbongan belajar diberi nama yaitu Muhammad Al Fatih, Harun Al Rasyid, Ummu Maktum, Ustman bin Affan, dan Salman Al Farisi. 


Selama kegiatan para juara  belajar lebih memahami dan berinteraksi langsung dengan para penyandang disabilitas. Belajar bahasa isyarat, melihat siswa SLB yang pandai menjadi barista, takjub dengan tebalnya Quran Braille, dan lainnya. Kemudian mereka pun memberikan kado yang sudah disiapkan sebelumnya.


Setelah menyebar, selanjutnya mereka kembali berkumpul di aula untuk menyaksikan penampilan dari para siswa, baik dari SMP Juara Bandung ataupun SLB Negeri Cileunyi. Penampilan dari SMP Juara Bandung diwakili Deandra, Danendra, Queensha, Adam, dan Qanita yang menyanyikan sebuah lagu dan membacakan puisi. Sedangkan dari SLB Negeri Cileunyi ada penampilan angklung, dan menyanyikan beberapa lagu. Acara berlangsung sangat meriah dan menikmati kebersamaan.


Salahsatu siswa, Qonita kelas 7 Al Jazari mengobrol dan banyak bertanya kepada Nursita murid kelas 9 SLBN Cileunyi. Qonita juga minta dibuatkan tulisan namanya menggunakan huruf braille oleh Nursita. Di akhir pembicaraan, perasaan haru Qonita tak tertahankan, hingga memeluk dan sampai menangis.


Salahsatu orangtua siswa SLB Negeri Cileunyi pun mengungkap terima kasih nya pada siswa SMP Juara Bandung yang membuat anaknya merasa senang di hari itu lewat akun TikTok @noona_cia.


"Aku dengan kelebihanku, Kamu dengan kelebihanmu"


Selamat Hari Disabilitas Internasional dari kami para juara di SMP Juara Bandung.


#smpjuarabandung #PeduliDisabilitas #Oktober #IJF


© 2023, InfakID All Reserved [248]