Bimbingan belajar Bahasa Arab di Palu

No Images Preview

Palu, 25/06/2019

Pasca Libur Ramadhan 1440 H. Malam tadi kegiatan Bimbingan Belajar Bahasa Arab mulai dilaksanakan kembali. Untuk kelas Selasa malam ini pesertanya adalah santri Panti Asuhan Muhammadiyah, anak-anak serta remaja di kelurahan Nunu tempat dimana fasilitator (relawan) Rumah Zakat berdomisili. Sementara bagi pelajar menengah atas, mahasiswa dan umum serta group dewasa (pekerja) dilaksanakan pada waktu dan tempat yang berbeda.


Tema kali ini mengenai " a'dhaul jismi" atau anggota Badan. Saya melibatkan santri yang pandai menggambar untuk membantu buat media belajarnya, maklum untuk "skill" ini saya kurang mahir.😃

.

Selanjutnya dituliskan bahasa Arab dari masing-masing anggota badan. Secukupnya. Dari yang tampak dan paling sering digunakan dalam percakapan terlebih dahulu, sisanya pada sesi berikutnya. Santri kemudian diminta berlomba hafalkan kosakata ini dalam 5 menit, yang paling cepat hafal "rewardnya" 5 bintang.🌟

.

Mufradat atau kosa kata ini kemudian digunakan dalam frasa atau kalimat tutur sederhana oleh santri yang dibimbing guru di kelas bertempat di masjid panti asuhan ini.

.

Untuk mengetahui antusiasme santri yang tampak aktif dalam program ini. Saya coba tanyakan apa motivasi mereka untuk terus hadir bimbel. "Saya ikut atas kemauan saya sendiri". Ucap Amuti santri kelas 2 Tsanawiyah Muhammadiyah Nunu yang selalu hadir dalam bimbingan belajar Bahasa Arab gratis ini.


#Rumahzakat

#Desaberdaya

#Relawaninspirasi

#Pendidikan

© 2019, InfakID All Reserved